Pinterest

Film-film Animasi di Tahun 2012



Bila Anda menggemari film-film Ice Age dan Madagascar, tahun ini bersiaplah untuk menyaksikan para tokoh-tokoh lucu ini hadir kembali di layar lebar. Ice Age: Continental Drift dan Madagascar 3: Europe’s Most Wanted siap menghibur kembali para penggemar kisahnya di musim panas tahun ini. 


Bila Anda juga merupakan penggemar film-film Pixar, Brave yang diisi suaranya oleh para aktor dan aktris asal Skotlandia, pasti akan jadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Brave yang merupakan kisah dongeng pertama yang diproduksi Pixar dibuat dengan latar dataran tinggi Skotlandia yang indah 
  
Film-film animasi di tahun 2012 tidak hanya diisi oleh kisah-kisah yang cocok untuk ditonton oleh anak-anak. Cerita-cerita yang lebih gelap dan menampilkan elemen horor pun tak ingin kalah. Tengok saja ParaNorman, sebuah film animasi yang bercerita tentang seorang anak yang bisa bicara dengan orang yang sudah mati. Sebuah eksperimen medis pun dapat berubah menjadi bencana dalamFrankenweenie yang disutradarai oleh Tim Burton. 

Bagaimana dengan karakter-karakter menakutkan yang biasa muncul di film seram? Dalam Hotel Transylvania, Anda dapat menyaksikan kisah Dracula yang dibuat pusing oleh kelakuan anak perempuannya yang masih remaja. Tentu saja, tahun ini tidak hanya film-film ini saja yang menawarkan cerita horor yang seru. Film-film animasi apa lagi yang patut untuk disaksikan tahun ini? Berikut adalah bagian kedua dari ulasan singkat tentang film-film animasi yang akan dirilis di tahun 2012.

1. Ice Age: Continental Drift

   
Continental Drift adalah film keempat dalam franchise Ice Age. Setelah Manny (Ray Romano), Diego (Denis Leary), dan Sid (John Leguizamo) berpetualang dalam Ice Age (2002), Ice Age: The Meltdown (2006), dan Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2009), kini mereka kembali harus menghadapi masalah saat lempeng benua yang mereka tempati perlahan-lahan mulai bergeser. Menggunakan sebongkah besar gunung es sebagai kapal, tiga sekawan ini mengarungi samudera dan mengeksplorasi dunia baru yang sebelumnya tak pernah mereka lihat. Tentu saja, perjalanan tak berlangsung mulus karena ancaman hewan-hewan laut dan aneh dan para perompak membuat petualangan mereka menjadi lumayan berbahaya. 
 
Sutradara: Steve Martino, Mike Thurmeier Penulis Naskah: Michael Berg, Jason Fuchs, Mike Reiss Pengisi Suara: Denis Leary (Diego), Ray Romano (Manny), Seann William Scott (Crash), Kunal Nayyar (Gupta), Peter Dinklage (Captain Gutt), Jennifer Lopez (Shira), Alan Tudyk (Milton / Fabio Sloth), John Leguizamo (Sid), Josh Peck (Eddie) Tanggal Rilis: 13 Juli 2012 (Amerika Serikat)

   

2. Rise of the Guardians

   
Buku yang ditulis oleh William Joyce, The Guardians of Childhood bercerita tentang latar belakang beberapa tokoh ikonik yang sering ditemui di buku anak-anak. Joyce yang melihat bahwa para karakter ini telah kehilangan banyak potensi ceritanya karena sudah dibuat terlalu komersil, mencoba untuk menyegarkan kembali tokoh-tokoh seperti Santa Claus, Easter Bunny, Tooth Fairy, dan Boogeyman dengan penceritaan alternatif. Rise of the Guardians yang disutradarai oleh Joyce sendiri bersama Peter Ramsey, bercerita tentang teror yang dilancarkan roh jahat bernama Pitch (Jude Law). Pitch berusaha untuk menguasai dunia dengan kekuatannya. Untuk melindungi dunia dan anak-anak dari niat jahat Pitch, para penjaga seperti Santa Clause (Alec Baldwin), Easter Bunny (Hugh Jackman), dan Tooth Fairy (Isla Fisher) harus menyatukan kekuatan mereka. 
 
Sutradara: Peter Ramsey, William Joyce Penulis: William Joyce (buku The Guardians of Childhood), William Joyce dan David Lindsay-Abaire (naskah) Pengisi Suara: Jude Law (Pitch), Hugh Jackman (Bunnymund / The Easter Bunny), Chris Pine (Jack Frost), Isla Fisher (Tooth / The Tooth Fairy), Alec Baldwin (North / Santa Clause), Dakota Goyo (Jamie) Tanggal Rilis: 21 November 2012 (Amerika Serikat) 
  
3. Madagascar 3: Europe’s Most Wanted

   

Lagi-lagi sekuel dari film animasi sukses, Madagascar 3: Europe’s Most Wanted masih bercerita soal Alex si singa (Ben Stiller), Marty si zebra (Chris Rock), Gloria si kuda nil (Jada Pinkett Smith), dan Melman si jerapah (David Schwimmer) yang berusaha untuk pulang ke New York. Petualangan terbaru mereka kali ini membawa empat sekawan ini ke Eropa. Setelah berhasil keluar dari Afrika, rencana mereka untuk pulang memang tidak berjalan mulus, karena gerombolan hewan ini sekarang malah terdampar di Monte Carlo. Supaya tidak menarik perhatian dan ditangkap polisi, keempatnya menyamar sebagai anggota sirkus hewan keliling. Pertunjukan ini pun membawa mereka dari kota ke kota sampai ke penampilan puncaknya di London. 
 
Sutradara: Eric Darnell Penulis Naskah: Noah Baumbach Pengisi Suara: Sacha Baron Cohen (King Julien XIII), Ben Stiller (Alex), David Schwimmer (Melman), Frances McDormand (Captain Chantel DuBois), Chris Rock (Marty), Jada Pinkett Smith (Gloria) Tanggal Rilis: 8 Juni 2012 (Amerika Serikat)

   
4. Brave

   
Brave menandai banyak debut bagi Pixar. Selain menjadi film animasi pertama Pixar yang salah satu sutradaranya adalah seorang wanita dan menampilkan tokoh utama yang juga wanita, Brave juga merupakan kisah dongeng pertama yang dibuat oleh studio asal California ini. Brave merupakan film Pixar yang ketiga belas dan bercerita tentang Merida (Kelly Macdonald), putri dari Raja Fergus (Billy Connolly) dan Ratu Elinor (Emma Thompson). Merida yang jago memanah bertekad untuk mengukir jalan hidupnya sendiri dan menentang tradisi yang sudah dipegang keluarganya turun temurun. Sayangnya, pemberontakan Merida justru memunculkan sebuah kutukan yang kini mengancam kerajaannya. Apakah Merida akan dapat menebus kesalahannya? 
 
Sutradara: Mark Andrews, Brenda Chapman Penulis Naskah: Brenda Chapman dan Irene Mecchi Pengisi Suara: Emma Thompson (Queen Elinor), Kelly Macdonald (Princess Merida), Robbie Coltrane (Lord Dingwall), Kevin McKidd (Lord MacGuffin / Young MacGuffin), Julie Walters (Wise Woman), Billy Connolly (King Fergus), Craig Ferguson (Lord Macintosh) Tanggal Rilis: 22 Juni 2012 (Amerika Serikat) 
 


5. Dr. Seuss’ The Lorax
  
   
Apa rasanya tinggal di sebuah dunia dimana apa yang ada di sekitar kita hanyalah benda-benda artifisial? Dalam Dr. Seuss’ The Lorax, Ted (Zac Efron) yang berusia dua belas tahun berusaha untuk memenangkan hati gadis pujaannya dengan mencari sebuah pohon. Kota Thneed-Ville memang punya banyak tanaman, tapi semuanya terbuat dari plastik. Keinginan Audrey (Taylor Swift) untuk melihat pohon yang asli membuat Ted mencoba untuk menemukan benih untuk menumbuhkannya. Dalam usahanya untuk memenuhi keinginan Audrey, ia pun bertemu dengan Once-ler (Ed Helms) dan mendengar kisah tentang The Lorax (Danny DeVito), makhluk pemarah yang lucu yang berusaha untuk melindungi lingkungannya dari ancaman industrialisasi.

Sutradara: Chris Renaud, Kyle Balda Penulis: Ken Daurio dan Cinco Paul (naskah), Dr. Seuss (buku) Pengisi Suara: Zac Efron (Ted), Taylor Swift (Audrey), Betty White (Norma), Ed Helms (Once-ler), Danny DeVito (The Lorax), Rob Riggle (O'Hare) Tanggal Rilis: 2 Maret 2012 (Amerika Serikat)
  
 

6. Frankenweenie

  

Tahun ini, Tim Burton hadir dengan dua film. Bila Dark Shadows yang menampilkan Johnny Depp sebagai vampir terlalu menyeramkan untuk ditonton bersama keluarga, Frankenweenie yang menggabungkan komedi dan horor sepertinya lebih aman untuk ditonton oleh penonton yang masih muda. Tentu saja, karena ini adalah film animasi buatan Tim Burton, maka tema yang digunakan pun masih seputar hal-hal ganjil. Tokoh utama dalam film animasi ini, Victor Frankenstien (Charlie Tahan) adalah seorang anak laki-laki yang memiliki anjing kesayangan bernama Sparky. Ketika Sparky mati tertabrak mobil, Victor pun menjalankan percobaan untuk menghidupkan kembali binatang peliharaannya. Tapi, Sparky yang bangkit dari kematian dan sekarang lebih mirip monster malah membuat kekacauan dan teror yang membuat keluarga serta para tetangganya resah. Victor pun harus mencoba untuk meyakinkan orang-orang di sekitarnya bahwa Sparky masih sama seperti anjing kesayangannya dulu meski penampilannya sudah berubah. 
 
Sutradara: Tim Burton Penulis: Tim Burton dan Leonard Ripps (cerita), John August (naskah) Pengisi Suara: Winona Ryder (Elsa van Helsing), Catherine O'Hara (Susan Frankenstien / Edgar / Gym teacher / Mrs. Epstien / Weird girl), Martin Short (Mr. Walsh / Toshiaki / Mr. Bergermeister / Bob / Mr. Curtis), Martin Landau (Mr. Rzykruski), Atticus Shaffer (Edgar), Conchata Ferrell (Bob's Mom), Tom Kenny (Fire chief / Soldier / Townsfolk), Robert Capron (Bob) Tanggal Rilis: 5 Oktober 2012 (Amerika Serikat)

  

7. Hotel Transylvania

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijU3Nb2g8r24koHqtyJ6rTntETQK4T5ftbGnuXasm3NTEe5wsdKvXXNbN0_OsVjFXVSgqMOBQDn8sy5S_IfV6pdTX2gHuajYCYxB2VRxWWDtVMKfnP2JW8M1xOsiC9y29R4YgCONkuJyo/s1600/Sony+Pictures+Animation+Hotel+Transylvania.jpg  
Nama Genndy Tartakovsky pasti terasa asing di telinga bagi banyak penonton film. Tapi, jangan salah. Tartakovsky tidak bisa dianggap remeh karena ia adalah sutradara dari beberapa acara kartun anak-anak terkenal seperti The Powerpuff GirlsDexter’s Laboratory, dan Samurai Jack. Sutradara asal Rusia yang sudah tiga kali menang Emmy Awards ini dipercaya untuk menangani film animasi tentang Count Dracula (Adam Sandler) yang sekarang menjadi pemilik hotel mewah. Hotel yang tidak punya pengunjung manusia ini banyak dikunjungi monster-monster seperti Frankenstein (Kevin James) dan istrinya (Fran Drescher), sampai Quasimodo (David Spade). Ketika seorang anak muda tanpa sengaja menemukan tempat tersebut dan jatuh cinta pada anak perempuan Dracula, sang ayah yang kelewat protektif langsung berusaha sekuat tenaga untuk memisahkan keduanya. 
 
Sutradara: Genndy Tartakovsky Penulis Naskah: Dan Hageman dan Kevin Hageman Pengisi Suara: Adam Sandler (Dracula), Miley Cyrus (Dracula Mavis), Steve Buscemi (Wayne), Kevin James (Frank / Frankenstein), David Spade (Griffin - The Invisible Man), Andy Samberg (Jonathan), Molly Shannon (Wanda) Tanggal Rilis: 21 September 2012 (Amerika Serikat)

  8. ParaNorman

   
Tidak diragukan lagi, ParaNorman adalah salah satu film animasi yang paling ditunggu kehadirannya di tahun 2012. Duo sutradaranya, adalah nama-nama yang sudah pernah terlibat dalam beberapa film animasi terkenal. Sam Fell pernah membuat Flushed Away (2006) dan The Tale of Despereaux (2008). Sementara itu, Chris Butler yang juga merangkap sebagai penulis naskah pernah menjadi bagian dari departemen seni untuk film Corpse Bride (2005) dan Coraline (2009). Tak heran, tampilan ParaNorman yang kelam dan menakutkan sedikit mengingatkan kita pada dua film tersebut. ParaNorman sendiri bercerita tentang seorang anak laki-laki berumur 13 tahun yang bisa bicara dengan orang mati. Meski dianggap aneh, saat kota yang ditinggalinya terancam oleh serangan zombie, ia adalah satu-satunya orang yang mungkin tahu cara untuk menyelamatkan manusia-manusia yang berada disana. 
 
Sutradara: Chris Butler, Sam Fell Penulis Naskah: Chris Butler Pengisi Suara: Leslie Mann (Sandra Babcock), Anna Kendrick (Courtney), John Goodman (Mr. Prenderghast), Christopher Mintz-Plasse (Alvin), Casey Affleck (Mitch), Kodi Smit-McPhee (Norman) Tanggal Rilis: 17 Agustus 2012 (Amerika Serikat) 

 

9. The Pirates! Band of Misfits

   
Film terakhir Aardman Animations, Arthur Christmas, memang tidak bisa dibilang sukses besar. Tapi, walaupun di Amerika Serikat film animasi ini belum sanggup untuk mengumpulkan lebih dari 50 juta dolar, di pasar internasional, film ini masih punya daya tarik yang cukup besar. Bila menilik trailernya, proyek Aardman yang berikutnya, The Pirates! Band of Misfits, nampaknya akan memperoleh kesuksesan yang lebih besar. Masih menghadirkan para pengisi suara yang rata-rata dari Inggris dan menampilkan gaya animasi Aardman yang khas, Pirates! punya humor-humor kocak yang menghibur, dan tidak hanya cocok disaksikan di musim liburan tertentu. Pengisi suara utamanya, Hugh Grant memerankan Pirate Captain, si kapten perampok yang berewokan dan tidak terlalu sukses menjadi bajak laut. Sang kapten hanya punya satu mimpi, yaitu untuk mengalahkan dua saingannya, Black Bellamy (Jeremy Piven) dan Cutlass Liz (Salma Hayek), dan merebut penghargaan tahunan untuk Bajak Laut Terbaik. Petualangan ini membawa sang kapen dan krunya berlayar dari pantai Blood Island sampai ke London. 
 
Sutradara: Peter Lord, Jeff Newitt Penulis Naskah: Gideon Defoe 
Pengisi Suara: Hugh Grant (Pirate Captain), Brendan Gleeson (Pirate with Gout), Jeremy Piven (Black Bellamy), Brian Blessed (Pirate King), Lenny Henry (Peg Leg Hastings), Salma Hayek (Cutlass Liz) 
Tanggal Rilis: 30 Maret 2012 (Amerika Serikat)   

10. Wreck-It Ralph

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2bTUrTUbQeatpTQjOl5-PlIuky1yPxzsHfgIhDxQ6lD0yHQ0S9iaaj6YSQ-Eu69tFsH1BSl59MQYruFPpUs6q95Kl9RhK_vVyjO8lMYqLWFpNesy8wKyVGvupABZ3BDP8UgBNneSc2_MK/s1600/wreck-it-ralph-logo.jpg 
  
Nama Walt Disney Pictures adalah salah satu jaminan untuk film animasi berkualitas. Tahun ini Disney hadir dengan Wreck-It Ralph, film animasi yang bercerita tentang karakter video game yang berusaha untuk melepaskan citranya sebagai penjahat dengan cara kabur ke dalam sebuah game first-person shooter. Sayangnya, apa yang dilakukannya malah membuat seorang penjahat digital terlepas di dunia video game. Untuk membuat dunia video game kembali aman dan tentram, ia harus bekerjasama dengan tokoh-tokoh yang tidak disangka-sangka yang muncul dalam permainan tersebut. Dapatkah Wreck-It Ralph menyelamatkan semua karakter game yang ada sebelum terlambat? 
 
Sutradara: Rich Moore Pengisi Suara: Sarah Silverman (Vanellope von Schweetz), Jack McBrayer (Fix-It Felix), Jamie Elman (Turtle) Tanggal Rilis: 12 November 2012 (Amerika Serikat)


Sumber: http://hajingfai.blogspot.com/2012/02/film-film-animasi-di-tahun-2012.html#ixzz298v8UxY8

No comments:

Post a Comment

Pages