Pinterest

Pengertian Sistem Operasi Secara Umum dan Khusus


Kali ini blog-buzzone akan memberikan informasi buat temen-teman yang bertemakan masalah Dunia Teknologi tetepi ini menjurus ke Materi Pelajaran yang mungkin bisa di pelajari. Materinya mengenai Sistem Operasi, nanti akan di jelaskan secara gamblang apa si pengertian Sistem Operasi dan lain-lainnya.



Sistem Operasi
Secara umum, sebuah sistem komputer terdiri atas hardware, software, dan brainware di mana ketiganya saling terkait satu sama lain. Ketiganya merupakan syarat mutlak untuk menjalankan sebuah sistem komputer. 
Sebuah Sistem Operasi merupakan program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna (user)  komputer dengan hardware (perangkat keras) komputer. Tujuan dari sistem operasi adalah untuk menyediakan lingkungan di mana user dapat mengeksekusi program yang di ingginkan dengan efisien.
Sebuah Sistem Operasi sama halnya dengan sebuah Perintah. Komponen-komponenya seperti hardware, software dan data. Sistem Operasi menyediakan kemudahan untuk meggunakan berbagai sumber daya dalam sebuah operasi. Sama halnya dengan sebuah pemerintahan, sistem operasi tidak bekerja sendirian.
Sistem operasi harus menyediakan sebuah lingkungan yang di dalamnya terdapat berbagai program untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Pandangan lain tehadap sebuah sistem operasi terfokus pada kebutuhan pengendalian (control) program. Control Program mengendalikan eksekusi program user untuk mencegah error.
Tujuan Utam sebuah Sistem Operasi adalah untuk kenyamanan User. Sistem Operasi ada untuk lebih memudahkan user mengoperasikan komputer di banding tanpa sistem operasi. Tujuan lainnya adalah untuk mengefisienkan operasi sisitem computer sekaligus bertugas melakukan control dan koordinasi pengguna perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user berbeda.
Dalam Hal ini, ada beberapa sistem penting yang berkaitan dengan sistem operasi yaitu Sistem, Software, Aplikasi, Program, Data, Informasi, dan User/Multiuser. Berikut penjelasannya :
1. Sistem Adalah kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Jerry Fith Gerald : Sistem Operasi adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatana atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu. 
Sistem biasanya terdiri atas komponen atau unit yang saling terkait. Dalam hal ini, sistem berkaitan dengan seluruh komponen, baik di dalam maupun di luat komponen yaitu meliputi Hardware, Software, Brainware.
Hardware Sebagai media atau alat fisik yang di gunakan untuk menjalakan software atau aplikasi. Software merupakan kumpulan beberapa perintah yang di eksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi  mesin komputer untuk menyinpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Brainware sebagai perangkat  insani (manusia) yang menjalankan komputer. Sumber daya manusia ini sangat menentukan dalam kebijakan penggunaan komoputer.

2. Jika Software sudah di jelaskan sebagai piranti lunak, makan program adalah aplikasi yang di gunakan pada komputer misalnya program database, progeam keuangan, program data sekolah, dan lain lainnya yang di rancang mengunakan software tertentu.

3. Aplikasi merupakan perancangan dari software dan program, yang di jalankan pada komputer. Aplikasi dapat berupa hasil olahan dari software dan program dapat pula hasil bawaan dari sistem operasi seperti Ms.Word, Ms. Excel dan lain-lain.

4. Data merupakan bahan baku dari informasi, hasil mentah informasi. atau matri yang blum diolah, sedangkan informasi adalah data yang telah di olah dan dapat dimanfaatkan oleh publik sebagai bahan refrensi.

5. User dan Multiuser merupakan subjek yang menjalankan komputer atau program.Multiuser berarti program dapat dijalankan oleh banyak subjek (banyak orang).

Demikian apa yang bisa saya sampaikan dalam Artikel Pengertian Sistem Operasi Secara Umum dan Khusus, semoga bisa bermanfaat buat kita semua dan bila ada tutur kata yang kurang pas saya Mohon Maaf. Trima Kasih akhir kata saya ucapkan Wassalamaualaiakum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Pages